Azkajayamandiri.com – Paving block merupakan salah satu alternatif pengerasan jalan ataupun halaman rumah. Material yang satu ini juga terkenal ramah lingkungan karena air dapat tetap terserap melalui celah pada susunan paving block sehingga dapat meminimalisir adanya genangan air.

Tersedia dalam berbagai ukuran, warna, ataupun corak, pemasangan dan pemilihan paving block pun tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, dalam pemasangannya diperlukan ketelitian agar hasilnya rapi dan kuat. Nah, sebagai informasi, Kania akan membagikan sejumlah tips pemasangan paving block agar hasilnya tak sekadar rapi, tapi juga awet dan tahan lama. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Siapkan Struktur Lahan Pemasangan Paving Block

Pemasangan paving block jangan dilakukan secara terburu-buru. Pastikan kamu menyiapkan lahan dengan baik, di mana prosesnya dapat dimulai dari membersihkan lahan yang masih terdapat rumput ataupun sampah, lalu ratakan gundukan pada permukaan lahan atau tutup bagian yang terdapat lubang.

Jika lahan yang akan dipasang paving block memerlukan proses pengurugan, kamu dapat menghamparkan material urugan di atas tanah padat lalu padatkan menggunakan roller. Selain itu, kamu juga bisa menyiram area pemadatan menggunakan air supaya hasilnya lebih sempurna.

Pasang Beton Pembatas dan Penyokong

Nah, agar paving block tidak bergeser dan dapat menahan beban, kamu juga dapat memasang beton pembatas. Terdapat dua jenis beton yang bisa kamu gunakan, yakni beton cetak dan beton cor, di mana pemasangannya sendiri dapat dilakukan dengan memasang selapis beton penyokong dengan ketebalan minimal 7 cm. Kemudian, pasang beton pembatas di atas beton penyokong yang kondisinya masih basah.

Dalam proses ini, kamu bisa memadukan beton pembatas dengan lapisan paving block menggunakan tali dan mulut air untuk difungsikan sebagai saluran pembuangan air hujan. Selain itu, hal ini pun dapat membuat paving block lebih awet meskipun terkena gesekan roda dari kendaraan. 

Pemasangan Pasir untuk Alas Paving Block

Pemasangan pasir dengan ketebalan tertentu sebagai alas peletakan paving block juga harus kamu perhatikan. Kamu bisa menggunakan pasir kasar yang telah dibersihkan dari lumpur ataupun kotoran lainnya, serta dalam keadaan kering dengan maksimal kandungan air di bawah 10 persen. Kemudian, hamparkan pasir secara merata agar hasil pemasangan paving block lebih awet dan tahan lama.

Pasang Paving Block dalam Satu Arah

Setelah persiapan lahan telah kamu lakukan, maka kamu pun bisa langsung memasang paving block. Dalam pemasangannya, harus dilakukan secara hati-hati dan sebaiknya kamu memasang paving block dari satu arah agar hasilnya lebih rapi.

Namun, jika kamu memilih variasi paving block yang pemasangannya harus dilakukan dalam dua arah, maka kamu harus memperhatikan sudut pola pertemuan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan benang pembantu agar proses pemasangan lebih mudah. 

Perhatikan Proses Finishing

Setelah pemasangan paving block selesai dilakukan, selanjutnya silakan lakukan pengisian antar nat paving block menggunakan abu batu. Jangan lupa, lakukan juga pemadatan paving block menggunakan baby roller supaya antar paving block dapat mengunci satu sama lain. Bersihkan juga permukaan paving block dari sisa abu batu agar bersih dan siap digunakan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here